Bisnis dan Marketing

Share:
Okee...,
Kali ini, aku lagi pengen nulis tentang atau yang berkaitan dengan Bisnis dan marketing.

Tentu saja, tema yang bisa di angkat mengenai Bisnis dan Marketing itu luas lah yaak,.. dan tulisan kali ini hanyalah salah satu tema diantaranya.

Kenapa aku nulis ini, mungkin karena lagi pengen aja.., hehehe.. lagi-lagi, atau karena Yup.., kemarin habis ngikutin acara undangan Program Kewirausahaanya BI a.k.a Bank Indonesia, di Thamrin, Jakarta.

Kita mulai saja..
Pada prinsipnya, bagi seorang pebisnis, mereka yang ingin produk-nya bisa terjual (produk disini bisa barang / jasa yak ) hal pertama setelah mereka menentukan target market / prospek adalah "How to Get Attention" dari target marketnya itu. istilah umumnya, gmn caranya dapet perhatian, Caper-Caper..!! ,

Gimana caranya agar dapet perhatian ?? yaa.., itu banyak caranya, tergantung kekreatifan si pebisnis aja dalam menawarkan nilai dari produknya dan cara menyampaikanya, tapi yg pokok dalam menuangkan ide kreatifnya itu adalah dengan melihatnya dari sudut pandang Target market, kira-kira kalo saya jadi target market, merasa tertarik ngga ?? penasaran ngga ?? untuk ngliat.., untuk dateng, meluangkan waktu, ngecek, meskipun hanya looking-looking sajaa...

Tujuanya apa seh kita Caper ?? biar produk kita terjual ?? mm...., endingnya iya, tapi ngga langsung ke situ. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan "Traffic", mendatangkan banyak pengujung, pengunjung yang tertarget. istilah ini banyak digunakan dalam dunia perdagangan baik itu yang konvensional (toko) atau yang berbasis Online (Online Marketing, Internet Marketing, Online Shop, dan sejenisnya). Kalo kita punya toko, makin banyak pengunjung, makin banyak kan peluang untuk produk kita di beli ??, ingat "Peluang", bicara peluang berarti bicara probability. Kalo kita punya web / toko online, makin banyak pengunjung/ Traffic makin tinggi, makin besar kan peluang pesanan datang ?? , ingat.. Peluang.!

Setelah kita mampu membuat Traffic yang tinggi, maka tugas kita selanjutnya adalah "How to Convert Traffic to become Customers". yaitu "MengKonversi" para pengunjung itu menjadi "Pembeli". Caranya ???, naah.., kalo kita punya toko, bisa dengan kita memiliki tim penjual/pramusaji yang cakap, ramah, menyenangkan, yang bisa membuat pengunjung itu tergiur untuk membeli.. (intinya Tim Pemikat, ) , kalo di Online Shop, mmm.., bisa berupa memberikan penawaran2 yang menarik, kemudahan2, kecepatan dan garansi .!! : Penawaran menarik ? (kembali lagi pada promo anda di atas dalam menarik perhatian),
Kemudahan ? mudah di hubungi, banyak channel, mudah pembayaran, mudah pengiriman dan cepat. Garansi ? hal utama dari sebuah garansi / jika anda ingin sebuah garansi itu kuat, maka ketika kita mencantumkan promise : barang kita bagus, berkualitas, cepat, bla.. bla..bla,.... maka di akhir kalimat itu perlu di tambahkan "Jika Tidak,..Maka... " (misal, Kembali 100%, Gratiss , Di kembalikan, Dikerjakan kembali, Di Ganti.! )

Jadi point-nya adalah : Get Attention - Traffic - Convert to Customers.

itu dulu yaak..., nanti di sambung lagi.. heee....

Post a Comment