Tuesday, November 11, 2014

ADW Able to DO only what i WANT to do

Ada satu penyakit..,syndrome yang aku miliki dan baru aku sadari bahwa penyakit ini eksist setelah aku baca sebuah manga yang aku lupa judulnya, kalau nggak salah Denpa Kyoushi judulnya, nama penyakit itu adalah ADW : (A) Able to (D) Do Only what i (W) Want to do, ahahahahah.., alias penyakit seenak wudele dhewe’.., itu bahasa jowo nya., atau Penyakit maunya sekarepe dewe.! #dung-dung-dung.... :D

Sejak kapan aku mengidap penyakit itu ??, entahlah...yang jelas sejak dulu kala sampai aku mengenal nama penyakit itu.  Tapi kalau mau jujur, ada enak ada nggaknya loh punya penyakit ADW itu, enaknya, notabene penyekit ini mewakili apa yang namanya kebebasan, kebebasan hidup, kebebasan memilih dan kebebasan menjalani hidup. Nggak enaknya adalah ketika kita memilih bebas tapi tidak mampu atau tidak bisa bertanggung jawab. Maksudanya !???, iyaa..., pada dasarnya kebebasan itu adalah hak dasar, hak asasi. Dalam hal apapun sejak manusia di ciptakan ada satu hal yang melekat pada dirinya yaitu kebebasan, tapi yang namanya hidup seiring dengan kebebasan juga ada yang namanya konsekuensi dan konsekuensi ini ujungnya adalah tanggungjawab. Ketika kita sebagai human being hanya fokus pada apa yang disebut kebebasan tanpa melengkapinya dengan kemampuan bertanggung jawab maka penyakit ini, si ADW ini seringkali arahnya jadi nggak enak, negatif lebih mendekati apa yang disebut sebagai penyakit malas.

Jadi alih-alih kita memiliki prinsip kebebasan dalam memilih dan menjalani hidup seperti yang kita inginkan, tapi kalau salah arah malah jadinya lebih pada pengertian malas melakukan apa-apa yang tidak kita inginkan, nah.. kalau yang tidak kita inginkan itu kebetulan Buanyaaak dan pastinya Buanyaaak, yang tidak kita suka itu Buanyaaaak dan pastinya Buanyaaaak.., kemudian kesemua-semuanya itu tidak kita lakukan meskipun pada kenyataanya penting buat kita, buat hidup kita, maka penyakit ADW ini sebenarnya sudah bertransformasi menjadi Virus Akut yang dinamakan MALAS!, dan orang yang punya penyakit ini dalam dunia sehari-hari dikenal dengan istilah “PEMALAS.!!”.

Tapi jika ADW ini pengertianya lebih ke arah hal yang positif, tentang keberanian memilih karena prinsip hidup, realitanya nggak gampang juga loh.., maksudnya nggak gampang adalah, ini kaitanya dengan idealisme hidup, menjalani hidup dengan berpegang pada values, prinsip-prinsip yang diyakini kebenaranya, itu nggak mudah loh. Ibarat kata seperti memegang bara api, Aiiihh..., lebay, atau ibarat kata seperti berenang untuk bertahan dalam posisi ditengah-tengah arus, itu nggak gampang, bukan lagi ngomongin ngelawan arus loh ya, hanya mempertahankanya saja, it needs so much energy and effort. Meskipun itu hanya sebuah analogi, tapi buat mereka yang pernah berenang di tengah arus sungai yang lumayan deras, kayak aku dulu..., itu pasti mengerti maksudnya.
Buat aku sendiri, tidak ada masalah dengan seseorang yang mengidap penyakit ADW, ya iyalah, orang sendirinya ngidap ADW juga, hehehehe..., tapi beneran, seriusan, aku ngga merasa masalah, selama orang itu konsisten dan sekali lagi bertanggung jawab, dan tidak sampai menyalah-artikan, bertransformasi menjadi penyakit MALASS.!

Dari dulu aku mengidap ADW, banyak hal yang aku lakukan, terutama kaitanya dengan path, jalur pilihan menjalani hidup, apa dan bagaimananya, itu bagian terbesarnya adalah dari atas keinginanku sendiri, datang dari hati, dari kesadaran pikiran, bukan karena ingin ikut-ikutan, bahkan kalu bisa dibilang jauh dari itu. Terserah orang milih apa... itu urusan mereka, terserah orang berkata apa, itu urusan mereka, terserah orang memandang/berpandangan apa, itu urusan mereka.., bukan urusanku. Urusanku adalah hidupku, urusanku adalah tidak mencampuri urusan mereka, urusanku adalah membuat dan memberikan manfaat, dan tidak menDzalimi mereka, urusanku adalah hidup bermanfaat dan bernilai tambah. Aamiin.. J

Post a Comment