Thursday, November 06, 2014

Mau di Bawa Kemana ?

Mau dibawa kemana ?

Ada sebuah lagu yang beberapa tahun lalu sekitar tahun 2010 sering terngiang di telingaku, karena ada seorang gadis yang suka menyanyikanya entah sengaja (dengan maksud) atau karena lagi sekedar suka saja, saya kurang tahu dan nggak pengen ngerasa GR juga, yaitu yang liriknya : Mau di baaawa kemanaaaa, hubungan kitaaaaa...,  lagu racikan ulang temp doeloe.., alaaahh “racikan” kayak bumbu aja.
Tapi saat ini bukan lirik itu yang terngiang meskipun  jadi ikut terngiang juga seeh, yang terngiang adalah kaitanya dengan bisnis-bisnis yang sedang aku jalankan dan aku kembangkan. Well, mas broo abdurrohman yang baik yang saat ini mungkin di masa depan lagi membaca tulisan ini, F.Y.I aja yaa, saat ini kondisi bisnis nte lagi sumeng, banyak peluang yang sebenarnya terbuka dan bisa jalan tapi, oalaaah.., ndilalah karena satu dan lain hal, pada tertunda alias mogok alias belum lancar alias NOT GOOD, gimana kalo saat ini pas waktu nte baca tulisan ini, sudah berubahkaahh?? Semoga saja yaa, aamiiin.

Ya saat ini kamu dalam hal ini aku lagi terbentur dengan satu pertanyaan besar, Mau dibawa kemana Bisnis ini ? mau menjadi apa dimasa depan?. Pertanyaan ini kalau di bahasa manajemenkan adalah tentang apa seh VISI loe ?????, sederhananya aku bisa menjawab dan pernah dibahas di blog yang lain sepertinya, kurang lebih yaa, membangun legacy, sebuah entitas group bisnis yang besar dan mendunia. WOW...,sederhana kan !? , tapii..., jujur neh, ada tapinya,... saya merasa kok itu kurang spesifik yah, maksudnya, okeehhh,.. dari segi kriteria mimpi itu big enough, tapi berasa kosong. Coba aja kamu bayangkan entitas group bisnis (konglomerasi) dalam bidang apa ? mendunia , maksudanya dikenal dunia atau ada dan beroperasi diseluruh dunia ? dan yang dimaksud dunia itu berapa luas? Berapa benua? Berapa negara? dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan detail yang bukan untuk mendiskreditkan atau apa, tapi perlu kiranya diluangkan waktu untuk dipikirkan secara serius apa dan bagaimananya.

Jujur, ini penting, karena ini adalah pegangan, kitab suci yang kedepanya menjadi pegangan ketika menghadapai berbagai tantangan terutama ketika menghadapi masa paceklik seperti hari-hari sekarang ini. Okeeeyyy.., buat saya sendiri masalah sudah biasa, prinsip bahwa everything will be solved, everything will be ok sudah saya pegang lama, tapi kaitanya dengan perkembangan dan akselerasi, jujur kamu perlu melakukan perbaikan. You need improvement..so much improvement.
Jadi hari ini, berkaitan dengan visi, kembali lagi pada pertanyaan awal : Mau di Bawa Kemana ???

Mungkin ada sebagian dari isi kepalamu ketika melihat realita sekarang, berkomentar, apa gak terlalu telat baru ngomongin visi sekarang ? jawabanya sederhana nggak ada yang namanya telat, ditambah, bukan tidak punya hanya saja tidak spesifik, tidak powerfull enough, tidak cukyup menarik, atau bahkan bisa jadi tidak cukup penting. Tapi yang pokok adalah yaa.. tidak ada kata terlambat untuk mereVISI apa yang sebenarnya ingin kamu wujudkan dalam membangun bisnis ini, karena mau diomong seperti apapun, kenyataanya yaaa, inilah.., salah satu pilihan hidupmu, sebuah pilihan yang tampaknya sederhana tapi sebenarnya jauh dari kata sederhana, it has been took long time, it has took so much energy, effort and sacrifice, even the path of your love and life. Coba pikir-pikir lagi, coba ingat-ingat lagi, maka kamu pasti akan menemukan apa yang sebenarnya paling kamu inginkan dan wujudkan dan kemudian kejewantahkan dalam visi bisnis ini. Selmat berpikir.!

Post a Comment