Wednesday, March 26, 2014

Hidup Adalah tentang Pilihan

Hidup adalah pilihan, Yupz..., ini adalah slogan yang sangat familiar ditelinga hampir setiap orang yang "hidup", bagaimana yang sudah mati ? tentu saja tidak ada lagi pilihan. Oke..., kenapa aku ingin menulis ini, lagi-lagi.., ngga ada alasan khusus sebenarnya, hanya ingin menulis, menulis sesuatu yang secara spontan bisa aku keluarkan dari dalam otak ini.

Kenyataanya, kita hidup adalah tentang membuat pilihan-pilihan, untuk sebagian orang memilih itu berat, tapi untuk sebagian yang lain biasa aja, tapi dalam berbagai keadaan, situasi..tetap saja berat atau tidak, "memilih", membuat pilihan adalah sebuah keharusan. Bahkan dikatakan ketika kita diam, memilih untuk tidak "memilih" pun sejatinya kita telah memilih.

Buat aku, tipikal orang yang Risk Taker, Nothing To loose, Adventurer, Learner, membuat pilihan bukanlah hal yang sulit, ketika aku menginginkan sesuatu, seringkali, bahkan secara spontan bisa langsung tereksekusi.
Tapi.., buat sebagian yang lain, contohnya "temen deket"ku sekarang, membuat pilihan itu ibarat..eeeeee..., entahlah, ibarat apa yah.., mencari kucing didalam karung kali yah.. hahahaha., ngga lah, maksudnya sulit, gamang, ngga Tegas, ngga yang : Yes or No.., Ya ya, Ngga nGgak..,sepertinya banyak hal "variable" yang harus masuk dan dijadikan pertimbangan, ruwet kan, ngga simple.., yaa.., g salah juga seh.., emang tipikal orangnya gitu. tipikal perempuan-kah..??, mungkin..

Tetapi tahukah saudara.., sebenarnya, memilih itu tidaklah sulit, The Hard thing is, Live with it.., bagian tersulitnya adalah menjalani pilihan itu sendiri, menjalani konsekuensi dari pilihan itu sendiri, proses, komitmen kita dalam menanggung segala kensekuensi dari pilihan yang kita ambil. Ambilah contoh,.., ada satu titik kita memilih hidup berkarir di perusahaan atau berwirausaha, mesing-masing pilihan memiliki konsekuensi dan tanggung jawabnya sendiri, bagian tersulitnya bukan pada saat kita membuat keputusan untuk memilih salah satunya, tetapi menjalani prosesnya, konsekuensinya dan tanggungjawabnya.

Hampir setiap detil langkah kehidupan kita, adalah tentang pilihan, coba kita pikirkan : jam berapa kita mau tidur, mandi dulu atau tidak, pakai baju apa, gosok gigi dulu atau tidak, bangun jam berapa, setelah bangun, jadi bangun atau lanjut tidur, jika bangun mau beraktifitas apa, berangkat kerja mau pakai baju apa, jam berapa, sarapan dimana, berapa banyak, naik apa, bawa apa aja, dll,.. semua aktifitas kita adalah tentang pilihan, Pun demikian dengan suasana Hati kita.., semuanya tentang pilihan. Apakah kita memilih senang, sediah, gembira, duka, kesal, manyun, cemberut, senyum, nangis, mewek, tertawa, sendu, dlsb.., semuanya adalah pilihan.., Ingat,  Pilihan.. !!

Hidup Hanya sekali (lain waktu ini akan menjadi tema tulisan), maka bijak-bijaklah dalam membuat pilihan..! 

Pesan ini disampaikan oleh diri sendiri (abdurrohman), untuk diri sendiri dan yang kebetulan membaca tentunya, Tanpa Sponsor. :D