Thursday, June 04, 2015

Karakter (Negatif) Orang Indonesia menurut om Mochtar Lubis

Okeh.., sesuai Janji Saia.., setelah menulis 12 poin karakter orang Indonesia hasil dari tuing-tuing kepala saya sendiri,... alias ngarang.., alias kira-kira.., alias.., mmmm...sepertinya, dan sebagainya dan sebagainya., hehehehe.., maka kali ini saya ingin menghadirkan sebuah tulisan yang membahas tema yang sama tapi bersumber dari tokoh yang kompeten, om Muchtar Lubis.., gileee.., manggilnya om, dah kayak akrab aja. Hehe.

Jadi ceritanya Sampai sekarang neh temans.., kalangan akademis -terutama dari bidang sosiologi dan antropologi- mereka masih merasa cukup sulit untuk memberikan suatu ciri-ciri khas manusia Indonesia. Hal tersebut disebabkan oleh adanya beraneka etnis di Indonesia dengan karakteristiknya, seperti yang udah ane singgung dalam tulisan yang kemarin. Tapii..., kesulitan tersebut menjadi tidak berarti bagi seorang Mochtar Lubis, wartawan dan sastrawan otodidak yang hanya lulus Hollandsch Inlandsche School (HIS). #ituceritanya

Dalam Manusia Indonesia: Sebuah pertanggung jawab (selanjutnya Manusia Indonesia), minimal, om Mochtar telah ’mampu’ untuk membuat suatu kesimpulan atau bahkan menggeneralisir sifat-sifat dari 130 juta manusia Indonesia pada waktu itu (pada saat buku ini terbit, 1977/1978). Pertanyaanya, kok 130 juta ??  bukanya penduduk Indonesia udah lebih dari 250 juta ya ???, hmmmm.., jawabanya sederhana.., coba cek deh, kapan buku atau karya om muctar ini di buat.., hehehe, cari sendiri yak.
Pertanggungjawaban Mochtar Lubis ini, mungkin saja belatar belakang dari hasil perjalanan panjang serta pengalamannya di dalam pergumulan bangsa Indonesia pada masa kolonialisme Belanda; ekspansi Dari Nippon, perjuangan memperebutkan dan mempertahankan kemerdekaan sampai pada menurunnya semangat kebersamaan serta kesatuan bangsa akhir-akhir ini.
Dalam perjalanan panjang tersebut, om Mochtar bertemu dengan berbagai lapisan masyarakat sekaligus berhadapan serta berbenturan dengan ‘kekuatan dan kekuasaan besar’ yang ada sehingga ia harus terhempas untuk beberapa saat.

Dengan latar belakang itulah, maka dalam Manusia Indonesia ditemukan nada-nada sinis yang jujur atau mungkin saja mengungkapkan apa adanya keadaan manusia secara universal dan bukan saja di Indonesia.

Jika memang dalam Manusia Indonesia adalah suatu ungkapan realitas maka ternyata manusia Indonesia penuh dengan paradoks yang tetap saja tak terselami oleh siapa pun, termasuk oleh om Mochtar ini.

1. Hipokrit alias Munafik
Berpura-pura, lain di muka – lain di belakang, lain di bibir lain di hai, merupakan sebuah ciri utama manusia Indonesia. Sifat ini muncul karena sejak lama manusia Indonesia mengalami penindasan sehingga dipaksa oleh kekuatan-kekuatan dari luar untuk menyembunyikan apa yang sebenarnya dirasakannya atau dipikirkannya ataupun yang sebenarnya dikehendakinya, karena takut akan mendapat ganjaran yang membawa bencana bagi dirinya. Katanya seh begitu, tapi kalau kata saya mag alasan itu bisa jadi nggak valid, kenapa karena kenyataanya adalah bahwa bahkan di era yang sudah sangat terbuka seperti saat ini pun, di mana kebebasan manusia Indonesia, bebas dari yang namanya penindasan kolonial sudah lewat lebih dari 1 generasi, tapi toh sifat ini masih saja melekat, jadi.., mungkin, ada faktor lain yang jadi penyebabnya, tapi, ah.., aku mah siapa bisa menyimpulkan bahwa alasan om muchtar gak valid, heee...

2. Segan dan Enggan Bertanggung Jawab
Atas perbuatannya, putusannya, kelakuannya, pikirannya, dan sebagainya.
“Bukan saya", adalah kalimat yang cukup populer di mulut manusia Indonesia. Atasan menggeser tanggung jawab tentang suatu kegagalan pada bawahannya, dan bawahannya menggesernya ke yang lebih bawah lagi, dan demikian seterusnya. Akan tetapi jika merupakan suatu keberhasilan, maka mereka paling depan mengatakan, itu karena saya.

3. Berjiwa Feodal
Mereka yang mempunyai kekuatan dan kekuasaan harus dihormati oleh yang dikuasai, yang kecil dan tanpa kekuasaan harus mengabdi kepada yang besar. Segala sesuatu yang berhubungan dengan yang berkuasa, juga harus dihormati oleh mereka yang di bawahnya, isteri bawahan harus menghormat isteri atasan, anak bawahan harus menomersatukan anak atasan, dan seterusnya.
Sikap-sikap feodalisme ini dapat kita lihat dalam tatacara upacara resmi kenegaraan, dalam hubungan-hubungan organisasi kepegawaian (umpamanya jelas dicerminkan dalam susunan kepemimpinan organisasi-organisasi isteri pegawai-pegawai negeri dan angkatan bersenjata), dalam pencalonan isteri pembesar negeri dalam daftar pemilihan umum. Isteri komandan, isteri menteri otomatis jadi ketua, bukan berdasar kecakapan dan bakat leadership-nya, atau pengetahuan dan pengalamannya atau perhatian dan pengabdiannya..

4. Masih Percaya Takhyul
Dulu, dan sekarang juga, masih ada yang demikian, manusia Indonesia percaya bahwa batu, gunung, pantai, sungai, danau, karang, pohon, patung, bangunan, keris, pisau, pedang, itu punya kekuataan gaib, keramat, dan manusia harus mengatur hubungan khusus dengan ini semua. Kepercayaan serupa ini membawa manusia Indonesia jadi tukang bikin lambang. Kita percaya pada jimat dan jampe. Untuk mengusir hantu kita memasang sajen dan bunga di empat sudut halaman, dan untuk menghindarkan naas atau mengelakkan bala, kita membuat tujuh macam kembang di tengah simpang empat. Kita mengarang mantera. Dengan jimat dan mantera kita merasa yakin telah berbuat yang tegas untuk menjamin keselamatan dan kebahagiaan atau kesehatan kita.

5. Artistik
Ciri ini selalu memperlihatkan sesuatu yang indah, baik, bagus serta mempesonakan untuk dipandang. Ciri ini bisa mampu menyimpan atau menyembunyikan keadaan sebenarnya yang ada dalam hidupnya, jiwanya, kalbunya. Dia hidup lebih banyak dengan naluri, dengan perasaannya, dengan perasan-perasaan sensuilnya, Orang asing -turis mancanegara- paling senang menonton nuansa artistik manusia Indonesia ini, karena memang dipertontonkan oleh manusia Indonesia sendiri. Ciri ini mungkin datang dari sikap manusia Indonesia yang ramah dan menyenangkan orang lain, sehingga tidak mau siapa pun melihat hal-hal jelek, tidak baik, dan buruk dari dalam diri mereka. .
6. Watak yang Lemah
Foto ribuan cewek anak buah Ratu Prostitusi Yunita Keyko. Keyko diduga sebagai mucikari besar dengan 'ayam' atau gadis mencapai 2.600 orang. Karakter kurang kuat. Manusia Indonesia kurang dapat mempertahankan atau memperjuangkan keyakinannya. Dia mudah, apalagi jika dipaksa, dan demi untuk ’survive’ bersedia mengubah keyakinannya. Makanya kita dapat melihat gejala pelacuran intelektuil amat mudah terjadi dengan manusia Indonesia.

7. Tidak Hemat, Dia Bukan “Economic Animal”
Economic Animal ???.., mmmm, yaa secara aku sendiri gak setuju kalau orang indonesia itu animal.., emang turunanya Darwin.., heheheh. Kaitanya dengan karekter ini disebutkan bahwa malahan manusia Indonesia pandai mengeluarkan terlebih dahulu penghasilan yang belum diterimanya, atau yang akan diterimanya, atau yang tidak akan pernah diterimanya. Dia cenderung boros. Dia senang berpakaian bagus, memakai perhiasan, berpesta-pesta. Hari ini ciri manusia Indonesia menjelma dalam membangun rumah mewah, mobil mewah, pesta besar, hanya memakai barang buatan luar negeri, main golf, singkatnya segala apa yang serba mahal.

8. Lebih suka tidak bekerja keras, kecuali kalau terpaksa
Gejalanya hari ini adalah cara-cara banyak orang ingin segera menjadi “miliuner seketika”, seperti orang Amerika membuat instant tea, atau dengan mudah mendapat gelar sarjana sampai memalsukan atau membeli gelar sarjana, supaya segera dapat pangkat, dan dari kedudukan berpangkat cepat bisa menjadi kaya.


9. Manusia Indonesia Tukang Menggerutu.:
Tetapi menggerutunya tidak berani secara terbuka, hanya jika dia dalam rumahnya, atau antara kawan-kawannya yang sepaham atau sama perasaan dengan dia.

10. Cepat Cemburu dan Dengki.
Cemburu dan dengki terhadap orang lain yang dilihatnya lebih maju dari dia. Akibatnya mereka mudah untuk menjatuhkan orang lain dengan intrik, fitnah, dan lain-lain.

11. Manusia Indonesia juga dapat dikatakan manusia sok.:
Kalau sudah berkuasa mudah mabuk berkuasa. Kalau kaya lalu mabuk harta, jadi rakus.

12. Manusia Indonesia juga manusia tukang tiru atau Plagiat.
Kepribadian kita sudah terlalu lemah. Kita tiru kulit-kulit luar yang mempesonakan kita. Banyak yang jadi koboi cengeng jika koboi-koboian lagi mode, jadi hipi cengeng jika sedang musim hipi.tukang tiru. Hal ini mengakibatkan manusia Indonesia ’hampir-hampir’ kehilangan identitasnya sebagai bangsa yang mempunyai ciri kebudayaan sendiri.

Di samping itu, manusia Indonesia, juga mempunyai sifat bisa kejam, bisa meledak, ngamuk, membunuh, membakar, khianat, menindas, memeras, menipu, mencuri, korupsi, tidak peduli dengan nasib orang lain, dan lain-lain.

Okee.., itulah kira-kira 12 point karakter orang Indonesia yang negatif, yang pastinya lagi-lagi yaak, gak bisa digeneralisir juga karena satu dan banyak hal alasan. Tapi apapun itu, buat saya sendiri ini adalah bahan Instropeksi diri yang jika saya berkaca dan mampu mengatakan dengan jujur pada orang yang tampak di kaca bahwa salah satu, dua, atau beberapa sifat itu memang melekat pada diri saya.., saya akan katakan, Segera perbaiki. Kamu pasti bisa.., heeee.., Semangat.. semangat.., ! Aku Orang Indonesia.., Harus Semangat..!

Oke.., thank you, semoga bermanfaat.., saya mah Cuma nyambungin aja dari apa yang di tulis orang.
Post a Comment