Thursday, June 25, 2015

Membangun Bisnis adalah Membangun Kepercayaan

Membangun bisnis adalah membangun kepercayaan (trust).

Kalimat itu sebenarnya bukan hal yang asing di telingaku, aku pernah mendengar, pernah membaca, bahkan sering, bukan hanya sekali atau dua kali. Membangun bisnis adalah membangun kepercayaan.

Rasanya akan sangat susah jika kita ingin membangun bisnis tanpa ada kepercayaan. Percaya akan apa ? Macam-macam., bisa percaya pada produknya, kualitasnya, pelayanananya, orangnya, dan lain sebagainya tergantung pada jenis bisnisnya dan tergantung pada konteks hubunganya.

Bisnis perbankan misalnya, sebuah bank butuh kepercayaan konsumen untuk mau bersedia menaruh uangnya (saving), kepercayaan atas apa ? Bisa atas nilai jaminan keamanan atas uang yang mereka taruh, bisa jaminan keuntungan atau ombak hasil yang dapat mereka terima setiap periode nya, intinya ada kebutuhan "percaya" atas nilai apa yang di tawarkan. Begitupun ketika pihak bank ingin memberikan pinjaman, yang dia beli adalah kepercayaan juga dari pihak peminjam. Percaya bahwa peminjam mampu untuk mengembalikan pinjamannya, percaya bahwa peminjam mampu memeberikan balas jasa keuntungan kepada pihak bank. Kurang lebih seperti itulah..

Membangun bisnis adalah membangun kepercayaan. Ini adalah hal yang sangat mendasar, sangat basic tapi juga sangat penting untuk di pahami dan di ingat. Filosofi dasar ini bisa di jadikan guidance , panduan dalam proses kita membangun bisnis. Hal yang perlu diingat adalah ketika apa yang di namakan "trust" itu telah muncul dalam sebuah hubungan, dalam hal ini bisnis, maka segalanya akan menjadi terasa mudah, tidak merepotkan, lancar atau bahasa sederhananya adalah : bisa di atur..., begitulah kira2 tulisan singkat yang aku buat dalam rangka mengisi waktu menjelang tidur kali ini. Bukan untuk menggurui, lebih tepatnya untuk mengingatkan diri sendiri akan apa yang pernah aku pahami, aku baca, yang mana dan bilamana esok atau entar kadang bahkan seringkali terlupa.

Jakarta, 8 Ramadhan 1436 H, Juni 2015

Post a Comment