Faidza ‘Azamta Fatawakkal ‘Alallah

Share:
Hari ini, rasanyaaa aku lagi deket banget sama kalimat ini, kalimat yang memberikan semangat untuk berusaha dan mengusahakan sebisa dan semampu apa yang bisa kita usahakan, dan selebihnya.., kita serahkan pada yang Maha Menentukan.

Faidza ‘Azamta Fatawakkal ‘Alallah.., 

"Dan apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah."

Kalimat ini sejatinya, redaksinya adalah dari Al-Qur'an, surat Ali Imron ayat 159,  dengan versi lengkapnya ; 

Azzam dan Tawakkal


Tawakkal itu bahasa sederhananya adalah menyerahkan hasil pada Allah setelah kita berusaha, sambil berharap apapun hasilnya semoga itu adalah yang terbaik. 

hari ini ada dua hati yang sama-sama sedang mengharapkan yang terbaik dari Rabb nya, satu hati telah membulatkan azzam (tekad) untuk melakukan apa yang dia rasa, dia telah melaksanakan tugasnya untuk menawarkan, menjemput, mengajak hati yang lain yang bisa jadi adalah benar pasanganya, dan selebihnya hanya tinggal mengamalkan Fatawakkal 'alallah,.

sementara hati yang lain, mungkin sedang bingung, bimbang, menimbang tawaran, ajakan sang hati yang pertama, sambil berharap diberikan petunjuk dan keputusan yang terbaik dari Rabb nya, untuk dia dan untuk mereka. 

Aku bertawakkal kepada Allah,.. aku tahu ini bukan perkara kecil, ini juga bukan perkara mudah, meskipun tidak selalu dikatakan susah. hanya memerlukan keyakinan dan kemantapan hati, tapi siapalah penguasa hati, bukan aku,.. bukan pula dia, Ya Muqollibal qulub.. wahai Dzat yang membolak-balikkan hati..., Engkaulah Sang pemilik hati, Engkaulah yang memegang hati kami, Engkaulah yang membolak-balikkan hati kami, .., aku memohon diberikan keputusan yang terbaik atas kami, dan teguhkanlah hati kami atas keputusan yang kami buat. Jika aku baik untuknya dan dia baik untuk-ku, baik untuk agamaku dan agamanya, baik untuk masa depanku dan masa depanya, baik untuk akhiratku dan akhiratnya, maka.., dekatkan, mantapkan dan satukan hati kami ya Rabb, tapi jika sebaliknya.., maka jauhkan dan palingkanlah antara hatiku dan hatinya ya Rabb.., 

aku akan menerima segala keputusan yang Engkau buat, aku tidak akan mengeluh, aku tidak akan komplain, aku tidak akan menggerutu, aku tidak akan marah dan aku tidak akan menyesali apapun. aku hanya memohon yang terbaik, terbaik menurutmu ya Rabb, aku bertawakkal. 

Faidza ‘Azamta Fatawakkal ‘Alallah..,  :) 

Post a Comment