Skip to main content

Posts

Showing posts from January, 2015

Bentuk Bentuk Kesabaran (Ngaji 101)

Bentuk-Bentuk Kesabaran

Para ulama membagi kesabaran menjadi tiga:

1. Sabar dalam ketaatan kepada Allah. Merealisasikan ketaatan kepada Allah, membutuhkan kesabaran, karena secara tabiatnya, jiwa manusia enggan untuk beribadah dan berbuat ketaatan. Ditinjau dari penyebabnya, terdapat tiga hal yang menyebabkan insan sulit untuk sabar. Pertama karena malas, seperti dalam melakukan ibadah shalat. Kedua karena bakhil (kikir), seperti menunaikan zakat dan infaq. Ketiga karena keduanya, (malas dan kikir), seperti haji dan jihad.

2. Sabar dalam meninggalkan kemaksiatan. Meninggalkan kemaksiatan juga membutuhkan kesabaran yang besar, terutama pada kemaksiatan yang sangat mudah untuk dilakukan, seperti ghibah (baca; ngerumpi), dusta, dan memandang sesuatu yang haram.

3. Sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan dari Allah, seperti mendapatkan musibah, baik yang bersifat materi ataupun inmateri; misalnya kehilangan harta dan kehilangan orang yang dicintai.Kiat-kiat Untuk Meningkatkan Kesabaran

Ke…

Aku Tidak Merokok, I'm Not Smoker.!

Aku tak merokok, hahahhAA... kok aku merasa statement ku itu kayak orang lagi "jual diri" yah ? Alias promosi,.. alias ngiklan, heheheh..

Well.., bukan itu maksudnya, itu hanya sebuah judul dan tema tulisan yang seperti biasanya hanya muncul tiba2, "pop up" aja di kepalaku dan kemudian aku tulis.

Jadi begini, .mengenai merokok, yaaa.. aku ini kebetulan adalah salah satu orang yang bisa di bilang masuk dalam kategori a rare kind of species, in a human world, hahaha.. apa pula maksudnya,..? Yaa, kurang lebih jenis manusia langka las,seperti itu. Langka dalam hal apa.. yaitu tak lain dan tak bukan dalam hal merokok. Di saat banyak sekali pemuda, orang tua, bahkan bocah2 dengan gayanya masing2 yang ketagihan dan kecanduan merokok dan menjadikan merokok sebagai bagian dari gaya hidupnya, aku justru dari dulu sampe sekarang gak merokok.

Pertanyaannya, apakah aku pernah merokok, jawabannya : pernah, beberapa kali dalam beberapa periode. Apa sebab ? Well penataan aja, …

Doyan Ngopi

Kopi oh kopi,... edisi lebay...
Entah sejak kapan aku suka ngopi, kalau nda salah seh sejak aku kuliah, sejak aku masih ngekost di depok. Tapi sebelum itu tadinya aku sukanya nge-teh alias minum teh, yah manis yak, bukan teh pahit, alias tehnya itu di kasih gula, awas gula pasir bukan gula merah atau gula jawa.. heheheh..., trus abis ntar sebab apa jadinya aku suka ngopi, bukan berarti teh nya jadi nggak suka juga, teteup masih suka, dan bukan berarti aku penggemar kopi juga, hanya sekadar suka.
Bedanya apa ? Kalo penggemar kan katanya seh bisa membedakan rasa kopi, kalo aku kayaknya nggak bisa deh atau belum bisa. Buat aku atau paling gak yang aku rasain neh ya... Kopi itu rasanya semuanya ya sama pahit, dan aku gak suka yang pahit, aku sukanya yang manis-manis, termasuk akhwat, aku sukanya akhwat yang manis, asseeeek... ngelantur,! #tepuk jidat.
Nah berhubung aku sukanya yang manis maka kopi pun aku sukanya kopi yang manis, karena manis maka konsekuensinya buat aku masih tetap sa…

Landasan, Kerangka dan Tujuan Hidup

LANDASAN & KERANGKA Hidupku adalah : Ibadah dan Dakwah
                                TUJUAN Akhir Hidupku adalah : Mardhotillah (Keredhaan Allah)
                                               Sebagai Pengingat..                                                        Semoga selalu ingat dan tidak lupa. Aamiin :)

Seri Mindset Bisnis (2) : Fokus Pelanggan, You Win I Win

Suatu ketika ada pembeli yang komplain, menelpon melaporkan barang yang dia beli ternyata sobek. Sobekannya cukup besar, sehingga kemungkinan sangat kecil sekali barang yang dibeli sobek sebelum dikirim.
Di Raihanshop, semua produk sebelum dipaket dan dikirimkan, akan melalui proses QC dimana setiap pakaian dikeluarkan dari plastik,dibuka dan di cek setiap jahitannya. Ada kemungkinan produk sobek bisa lewat, namun untuk sobek yang cukup besar kemungkinan terlewat nya sangat kecil. Pembelinya marah marah dan meminta dituker, saya meminta dengan sabar pegawai Raihan menanggapi permintaannya untuk segera mengganti dengan barang yang baru, plus dengan ongkos kirim bolak balik. Dan meminta maaf atas kejadian ini. Sebenarnya ada 3 alternatif yang bisa dilakukan ketika peristiwa seperti ini terjadi bagi para pemilik toko Online:
Pertama, kita menyelidiki bahwa itu memang salah pembeli, lalu menyalahkannya dan tidak membolehkan untuk dikembalikan. Pada akhirnya pembeli pasti akan mengalah da…

What would I do ?

If today is the last day of my life, what would I do ? What good things would I do ? Itu adalah pertanyaan penting yang aku lontarkan saat ini, sebuah pertanyaan kontemplasi untuk berpikir, sebuah pertanyaan yang sebenarnya sudah tidak asing tetapi.. dan sekali lagi tetapi .. hangat jarang aku lontarkan kepada diriku sendiri saat di pagi hari hendak memulai aktifitas.
PADAHAL itu adalah pertanyaan super sakral, super penting yg harus dilontarkan  setiap hari, bahkan setiap saat dalam rangka menjadikan waktu yang akan kita lewati diisi dengan aktifitas yang bernilai tinggi, bernilai berlian, tidak terbuang begitu saja, tidak menjadi sia-sia, tidak menjadi SAMPAH.! 
Lalu.., apa yang akan aku lakukan ?
Aku akan membuat rencana aktifitas terbaik hari itu, membuat daftarnya, membuat prioritasnya, dari yang pokok (wajib) sampai yang tak wajib, dari yang Must to do sampai ke Need to do.
Kemudian aku akan melakukanya dengan the best efforts I can do, the best efforts as if I dont have tim…

Tentang Resolusi, Tentang Mati

Ini adalah hari kedua di tahun 2015, dan saya masih mau menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan apa yang kita sebut sebagai resolusi, yaa.. tentang hal-hal yang ingin kita capai, kita raih, kita rencanakan kedepannya di tahun ini. Tentunya semuanya mengarah pada hal yang kita harapkan akan dapat membuat hidup kita jadi lebih baik. Tulisan ini saya comot dari share nya salah satu brother JOS, mas beo gibran,..

Agak lebih panjang dari biasanya, mudah-mudahan ada isinya.

Judulnya : MATI UNTUK HIDUP

Biasanya di awal tahun seperti ini saya sibuk menulis catatan resolusi yang panjang dan asal-asalan. Tujuannya supaya bisa dipajang di tembok atau layar handphone. Atau sekadar penenang diri kalau saya punya target hidup untuk satu tahun ke depan, walaupun nyatanya sebatas formalitas. Entah karena alam bawah sadar saya sudah bosan ditipu target yang tidak sekeras itu diusahakan tercapai, atau hanya karena belum mood, saya belum menulis resolusi barang sebiji. Entah kenapa.

Yang saya pikirk…

Seri Mindset Bisnis : The Power of Context

Ada seorang teman saya yang pekerjaannya memproduksi Jilbab, yang menariknya adalah dalam sebulan, meski hanya jualan jilbab perolehan omset nya bisa mencapai 2Milyar sebulan. Saya tertarik untuk mencari tahu apa rahasianya...
Rupanya sangat sederhana cara bisnisnya, konon katanya dalam dunia Hijab, perputaran model fashion terjadi begitu cepat dan faktor yang men drive perubahan adalah model Jilbab yang dipakai oleh artis2 di sinetron televisi. Ketika sedang musim sinetron Catatan Hati seorang Istri, jilbab yang dipakai oleh artis dewi sandra laku keras, teman saya ini tinggal meniru model jilbab nya dan memberi nama JILBAB HANA. Ketika sudah selesai masa jilbab hana, muncul lagi jilbab model lain berikutnya yang dipakai oleh artis lain di sinetron lain pula. Terkadang masalah yang dihadapinya ketika ada keterlambatan produksi dimana jilbab yang baru jadi produksi sudah kelewatah moment karena sudah ada model artis baru. Agghh.. Begitulah dunia wanita
Ada riset menarik yang dilakuk…