Monday, February 16, 2015

Jihad Harta dan Charlie Hebdo

Sebenarnya ini bukan tulisan baru, ada temen di group yang men share tulisan tentang tema ini ketika beberapa minggu lalu di satu kota sana, di sebuah negeri yang bernama perancis terjadi insiden yang rupa2nya, beritanya memBLoWup ke seluruh dunia, dan terus menggelinding membesar seperti bola salju hanya dalam hitungan jam dan hari. Maka untuk mengimbangi berita kejadian itu dan ada hikmah, ibrah yang diambil dari kejadian itu, diangkatlah tema ini : jihad.. dari satu cerita yang asal muasalnya masih dari negeri yang sama, perancis.

Cara jihad elegan yang kini ditempuh seorang pengusaha muda Aljazair. Namanya Rachid Nakkaz. Kamis kemarin, (08/01/15) menawarkan diri untuk membeli 51 % saham majalah Charlie Hebdo. Targetnya, mengontrol redaksi dan visi majalah agar lebih ramah terhadap Islam. Tawaran yang telah ia lakukan sejak September 2012, dengan nilai investasi 350.000 Uero. Namun ditolak pemilik majalah.

Ya. Rachid Nakkaz, dikenal sebagai pengusaha muda yang sukses dan membela Islam dengan elegan. Ia menjadi satu-satunya pengusaha yang membayarkan denda, atas setiap vonis pengadilan Perancis yang menghukum wanita-wanita muslimah bercadar di muka umum. Selama 4 tahun, ia telah menggelontorkan lebih dari 90.000 Euro. Hal yang tidak dilakukan oleh rezim-rezim penguasa negeri Muslim, yang berjumlah 56 negara. Jumlahnya banyak, namun takut dengan satu negara kecil bernama Perancis.

Jadi kawan. Kuasai ekonomi, itu sunnah Rasul yang lama kita tinggalkan. Jika bersiwak saja kita mencontoh baginda Nabi, mengapa masalah ekonomi kita tidak mencontoh beliau? Jadi jihad elegan ke depan adalah: menguasai saham-saham perusahaan multinasional di dunia. Bisakah?

oleh Nandang BUrhanudin (JOSer)

Sunday, February 01, 2015

Tentang Karir Nabi

Ehm..., share kali ini adalah tentang karir nabi kita Muhammad SAW, share yang di share oleh temanku di group, alias aslinya ini bukan tulisanku sendiri, tapi selama itu baik dan bermanfaat, aku berprinsip.., akan aku sebarkan, tidak ada ruginya, dan semoga yang menulis mendapat pahala nya, yang membagi juga kebagian pahalanya, dan yang membaca dan mempraktikkan mendapat manfaatnya, aamiin..
Para Pebisnis Wajib tahu ini :
Berikut merupakan perjalanan karir Nabi Muhammad sebagai pebisnis handal :
Usia 7 tahun : Menggembala kambing yang jumlahnya ratusan ekor.Setiap kambing yang ada dalam gembalaannya selalu pulang dalam keadaan kenyang, selamat, utuh jumlahnya, dan sehat-sehat.
Usia 12 tahun : Ikut rombongan ekspedisi dagang (eksportir) bersama dengan pamannya, Abu Thalib, ke Syam. Setelah itu makin aktif melakukan perjalanan bisnis ke Irak, Yordania, Bahrain, Suriah dan Yaman.
Usia 17 tahun : Mengelola seluruh bisnis pamannya karena pamannya tidak bisa terjun lagi secara langsung menangani usaha tersebut.
usia 17-20 tahun: Masa tersulit dalam menjalani bisnis karena harus bersaing dengan para senior dalam perdagangan regional.
usia 20-25 tahun : Merupakan titik keemasan Nabi Muhammad dalam menjalankan bisnisnya. Usia 25 tahun menikah dengan konglomerat Mekkah, Siti Khadijah binti Khuwalaid.
Mas kawin/mahar yang beliau serahkan adalah 20 ekor unta merah. Ada juga yang mengatakan 100 ekor. Unta merah merupakan alat transportasi atau kendaraan terbaik pada saat itu. Dan kalau value alat transportasi itu kita tarik ke era sekarang, maka kita bisa menilai apa kira2 kendaraan terbaik saat ini. Asumsikan saja BMW seharga Rp. 300 jt. Maka Rasulullah telah memberi mahar kepada Siti Khadijah dengan nominal uang sebesar Rp. 6 miliar..Subhanallah.
usia 37 tahun : mulai mengurangi perjalanan bisnis
usia 37-40 tahun : lebih banyak terlibat dalam masalah perbaikan sosial masyarakat. Kalo dilihat para pebisnis kelas dunia yang sekarang juga melakukan hal ini. Setelah mereka sukses maka mulai fokus pada kegiatan sosial.
usia 40 tahun : diangkat menjadi Rasul
Semoga dapat menjadi pelajaran, ternyata suri teladan kita, Rasulullah SAW, merupakan pebisnis yang handal...