Monday, January 25, 2016

Pancasila

Pancasila

Pancasila adalah Dasar atau Landasan Negara Indonesia
Pancasila terdiri dari dua suku kata  yang berasal dari bahasa jawa (sansekerta), yaitu :
- Panca : Lima (Five)
- Sila     : Landasan (Principles)

Lima butir landasan itu adalah :
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan
5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia


Rincian Penjelasan Pancasila
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
(1) Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketaqwaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
(2) Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
(3) Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
(4) Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
(5) Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang
menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.
(6) Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
(7) Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.
2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
(1) Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.
(2) Mengakui persamaan derajad, persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturrunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya.
(3) Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia.
(4) Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira.
(5) Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.
(6) Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
(7) Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
(8) Berani membela kebenaran dan keadilan.
(9) Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia.
(10) Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.
3. Persatuan Indonesia
(1) Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
(2) Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan.
(3) Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
(4) Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.
(5) Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
(6) Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.
(7) Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.
4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
(1) Sebagai warga negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama.
(2) Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
(3) Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
(4) Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
(5) Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.
(6) Dengan i’tikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.
(7) Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
(8) Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
(9) Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.
(10) Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan pemusyawaratan.
5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
(1) Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.
(2) Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.
(3) Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
(4) Menghormati hak orang lain.
(5) Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.
(6) Tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain.
(7) Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah.
(8) Tidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum.
(9) Suka bekerja keras.
(10) Suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.
(11) Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.

Mimpi yang aneh

Tiba-tiba aku berada di sekolah itu, SMA 1 Cirebon, suasana dan bangunan gedung kelas yang telah berubah mesipun tidak semuanya. Aku beranjak ke masjid di SMA itu untuk sholat, yang aku tahu..., masjid itu sudah berubah, bangunanya sudah berlantai 2 dan cukup megahm berbeda dengan saat terakhir aku meninggalkan, aku naik ke lantai 2, bertemu seseorang yang aku bahkan tak tau namanya, entah siapa. cukup arogan orangnya. Aku berniat wudhu dan sholat di lantai 2, tapi yang aku temui adalah bahwa lantai dua ini belum selesai, masih kotor, layaknya lantai bangunan yang belum selesai, dan baru di cor, atau lebih tepatnya tidak terurus, tak ada keindahan didalamnya. Dan aku berpikir dalam mimpi itu, kok lantai 2 masjid masih seperti ini, mungkin yang lantai 1 masih lebih bagus.

Tak sempat aku sholat di masjid itu tiba-tiba aku seperti sedang melakukan perjalanan dan sampailah aku pada sebuah masjid yang di tengahnya ada bangunan berbentuk kotak, Ka’bah namanya, aku berdiri tepat di depanya, tapi suasana masjid dan ka’bah yang ada dalam mimpiku ini berbeda dengan suasana yang ada pada dunia saat ini, lebih gelap.. seperti berada dalam kubah masjid, tidak terbuka. Niat hati ingin sholat.. tapi rupa-rupa nya aku lupa sedang membawa-bawa koper dan akhirnya di urungkan lagi seolah berpikir kenapa tadi tidak di taruh di hotel ?,entah sejak kapan aku tinggal di hotel.. akhirnya pergilah aku ke hotel untukmenaruh koper sementara aku lihat suasana masjid semakin ramai dan sempit tak ada ruang.

Alih-alih sampai ke hotel, aku malah sampai ke sekolah lagi dan bertanya kepada seseorang pada kemana orang-orang, teman-teman semuanya ? dia bilang lagi pada ke madinah, ada pengajian. Lah sih..., kok rasa-rasanya familiar sekali. Aku berpikir kayaknya tadi aku dari mekkah, wah.. kenapa gak sekalian ke madinah saja, kan mekah ke madinah deket.

Pergilah aku keluar dan tiba-tiba aku bertemu topan, kita berbincang dan dia mengantarkan aku untuk menaruh koper di rumahnya yang mana dan bilamana arahnya adalah di jalan dari karanganyar ke utara, tapi tidak sampai karena ada sesuatu hal dan kita berpisah

Aku menghampiri teman-temanku, ada beberapa yang sedang duduk-duduk., hanya yang aku ngeh adalah ada si ipul, dia masih kurus, dan disebelahku ada bambang, aku bertanya kepada dia tapi aku lupa apa, kembalilah aku ke kelas dan tiba-tiba saja aku sudah berada di rumah, suasana rumah gelap dan berangin sepi, seperti berada di lingkungan kuburan dengan hembusan angin yang menerpa dedauanan dalam kesepian.

Singkatnya, ada banyak kejadian dan suasana yang ada dalam mimpiku itu tidak ada yang menggambarkan kebahagiaan, keceriaan. Suasananya lebih banyak SINGID.!, dan tetiba aku terbangun, aku lihat waktu menunjukkan pukul 3.04. aku bangun dengan keringat bercucuran di dahi dan baju, sangat tidak nyaman. Aku bangun wudhu dan sholat,.. melanjutkan niat sholat yang belum sempat tertunaikan dalam mimpi.

Apa himahnya ? entahlah.., mungkin sholat.!

Mimpi yang aneh.



Friday, January 15, 2016

Just Married..! Alhamdulillah...,

Halo haloo haloooo, hehehehe.. apa kabar dunia ? ..dunia siapa ya ? duniaku atau duniamu ? hehehe..., yang jelas dunia kita semua, semua yang merasa belum bosan menjadi penghuni di dalamnya. DIDALAM ??? , di luar kaleeee,,, di permukaan.!

Ah, gak asik...., rasanya kok kurang lengkap ya, kalau aku menyapa dunia tanpa menambahkanya dengan salam dan doa.

Assalamu'alaikum warah matullah wabarakatuh..

Semoga keselamatan menyertai kalian semua wahai para penduduk bumi, karena sesungguhnya mendoakan kebaikan kepada mereka yang masih hidup adalah dianjurkan dan termasuk dalam kebaikan.

Ada hal inspiratif apa hari ini ??

Mari kita cari tahu.

ehm..., ini adalah kali pertama aku menulis sejak status-ku berubah,... iya akuuuh.. heheheh..., emang status apa abdur yang berubah ?? ah, masa nggak tau seh,.. ituuh. anuuu.., status dari yang sebelumnya segala sesuatu nya di lakukan sendiri menjadi segala sesuatu nya dilakukan bersama.., lebih tepatnya berdua.., cieeeee....,, emang apaan ?? #gagalpaham.. 

Yup.., Alhamdulillah.., segala puji bagi Allah.., hari ini statusku sudah berubah kawan, jadi kamu...kamuu dan kamuuu.., para abdur yang ada di masa depan tidak usah khawatir, tidak perlu lagi worry,.. karena tugas merubah status dari seorang abdur yang single (baca : singgel) alias lajang, alias jombloh, alias perjaka, alias segala sesuatu yang berhubungan dengan kata "kasian banget seh lo.!" itu sudah di bereskan oleh bro abdur 3-01-16, thanks to him.., dan pastinya itu semua berkat doa-doa bro abdur semuanya, baik yang ada di masa lalu maupun yang ada di masa depan.., sekali lagi mari kita ucapkan ALHAMDULILLAH... 

Sooo, ini pesan dari saya, abdur 15-02-16, kepada seluruh abdur yang ada di masa depan, mulai tertanggal 16-01-16.., tugas kalian lebih berat kawan, saudaraku, tidak mudah, tapi bisa..! SAYA YAKIN..! Serius.! #uhuk2.. :D
Ayo berjuang, jangkar baru saja di lepas, dayung baru saja di kayuh ??... e buseeeet.., bro abdur, lo serius masih mau pake dayung ?? yaelah.., hari gini pake dayung.., jangan ngomongin melintasi samudra, baru 200 meter mengayuh aja juga udah capek kaleee...., tangan dah pegel, bekal gak bakal muat banyak, gak cukup buat perjalanan panjang, dah gitu, paling baru kena ombak pantai setinggi 1 meter aja juga udah oleh, kewalahan, tenggelem .!! alamak jaaaang... #kataistriku... #tepukjidat.

Ya tolong laaah,,,, jangan pake perahu dayung yak,. perahu yang lain aja, yaaaa,,... minimal yang 30 GT laaah, hueheheheh..., Ok FIX.!

Jadi intinya adalah akan ada banyak persoalan yang PERLU dan MUSTI di hadapi, dan diselesaikan kedepanya, berdua...! ingat kata kuncinya : Berdua..., as a team, not as a man or a woman show anymore. Jadi perlu bekal yang banyak, perlu energi yang banyak. INGAT..! perang yang kamu hadapi masih sama, Fight the Devil.. (Inside you), for the sake of Allah..! - Ibadah. 

Bro, kamu adalah pemimpin sekarang, bukan berarti sebelumnya kamu bukan pemimpin seeh.., kan sudah di jelaskan bahwa setiap diri adalah pemimpin.., minimal bagi dirinya sendiri, tapi yang di maksud sekarang adalah bahwa cakupan kepemimpinanmu sudah lebih luas, naik sati level.., dan seperti yang mereka katakan,.. with great power, comes great responsibility..#gak nyambug..

Sebagai pemimpin, maka mulailah belajar dari pemimpin sejati, suri tauladan seluruh pemimpin orang-orang yang beriman di dunia, Rasulullah.., Muhammad SAW.!, yup.! belajarlah dari beliau, belajar bagaimana beliau menjadi pemimpin.! 

Daaan.., pelajaran pertama dari Rasulullah untuk menjadi seorang pemimpin adalah : JUJUR.., 
Belajar Jujur, Jujur pada diri sendiri, Jujur pada pasangan
Berani Jujur
Membumikan, merekatkan, melekatkan, menancapkan, memasung, menembok ataupun istilahnya yang bisa digunakan untuk menungkapkan makna memiliki Sifat-karakter Jujur.!, Dua kali lagi Jujur, jujur...!, Sekali lagi.. Jujur..!

Kenapa Jujur ?? ada apa dengan jujur...? segitu istimewa nya kah kata ini ?.., ooooh.., jangan salah, itu bukan hanya sekedar kata, itu adalah mantra, itu adalah obat, itu adalah kalimat (kata dalam bahasa arab) sakti, itu adalah sebuah karakter orang-orang mulia.., sebuah karakter, sifat yang di senangi Allah dan juga seluruh manusia, paling tidak setiap manusia butuh kepada orang yang memiliki karakter ini. Pernah dengar cerita kan ? orang yang paling buruk perangainya, perilakunya, seorang penjahat saja,... butuh orang yang jujur.. Boss, Bandar narkoba., lebih suka anak buahnya yang jujur dari pada yang cule,.., yaaa.., setauku seh begitu.

Jujur,.. apa nilai penting nya jujur ? hal utama yang menjadi bagian penting dari karakter jujur adalah,.. bersama dia atau di belakang dia , akan datang yang namanya kepercayaan : TRUST..!, orang yang jujur adalah orang yang dapat di percaya, orang yang jujur membuat orang lain nyaman, dan itu adalah fitrah setiap menausia. Nyaman dalam hal apa ??, tentu saja dalam banyak hal, jika dia menitipkan sesuatu, maka dia akan merasa nyaman, merasa aman, safe.., karena orang yang dia dititipi dapat di percaya, karena dia jujur. Tentu saja, Jujur bukan satu-satunya karakter yang mampu mendatangkan kepercayaan, bisa juga dari kemampuan - skill, keberanian, dan lain sebagainya, tetapi untuk pelajaran pertama ini, kita hanya fokus pada satu karakter ini.

Seberapa penting sih jujur ini ? oooh..., penting sekali, terutama kaitanya dengan kepemimpinan. seorang pemimpin yang tidak jujur, maka tidak ada kepercayaan yang bisa dia dapatkan dari siapa-dia-mereka yang dipimpin-nya, dan sebaliknya. tidak ada kepercayaan.., bagaimana bisa bekerjasama ???, tak bisa bekerjasama, bagaimana bisa mengarungi bahtera dan berbagai tantangan yang akan menghadang, menguji didepanya ??? you ceee.... ???

Saking penting nya nilai jujur ini, sampai-sampai ada cerita salah satu sahabat Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa dia belum sanggup untuk meninggalkan khamr (Kalau tidak salah), apa jawaban Rasulullah.., dia hanya meminta sahabat ini untuk Jujur, selalu jujur, setiap kali telah minum khamr, dan yang terjadi adalah.., lama-kelamaan sahabat ini justru menjadi malu, malu setiap kali dia jujur telah minum khamr, dan akhirnya dia berhenti, dia berubah, Ya, itu hanya salah satu hikmah dari Jujur.

mmm..., sebenarnya masih ada banyak hal lagi yang ingin aku tulis dalam moment ini, tetapi aku pikir, too much is not good, jadi, di save untuk next time aja ya.., tulisan ini hanya untuk berbagi kebahagian sesama saudaraku saja para abdur di masa depan.., congrates yaaa.., dan selamat meneruskan perjuangan.. salam dari abdur-15-01-16.  :)